Jumat, 21 Juni 2013

Lingkungan hidup


  1. Guru, bagaimana menjadi warga negara yang baik?
-         Bayarlah pajak dengan benar. Pajak itu akan menghidupi fakir miskin melalui sumbangan negara. Turutlah bepartisipasi dalam Pemilihan Umum/Pemilihan Kepala Daerah, berikan suaramu jangan abstain atau golput (golongan putih). Besikap profesionallah dalam jabatanmu atau tugas yang kau emban, baik itu ringan atau berat. Semua ada imbalannya.

  1. Guru, aku tinggal di Indonesia, apa yang harus saya lakukan bila mengetahui keadaan yang buruk disekitar saya?
-         Berusahalah menghindar, kalau tak bisa, maka jangan kau lawan secara frontal/langsung atau tatap muka dengan pembuat masalah. Jangan emosional, karena hal ini hanya akan menambah permasalahan baru, yaitu perseteruan pribadi antara anda dan dia. Coba cari tahu apa akar permasalahannya. Apakah yang bersangkutan sadar akan akibat perbuatannya. Kalau tak tahu coba beritahu dengan sambil bercanda. Ingat! sambil bercanda katakan padanya bahwa bagimana kalau banyak orang yang tak suka dengan kegiatannya lalu melapor pada polisi. Apakah persoalan ini tak berbuntut panjang? Bukankah orang Indonesia suka bercanda?

  1. Guru, bagimana caranya menolak uang hasil korupsi atau tak jelas sumbernya?
-         Pura puralah bahwa engkau di rumah bukan orang yang dominan. Semua kebutuhan rumah tangga dikendalikan Suami/Isteri saya. Bila saya mendapatkan sesuatu yang baru, anak anak selalu bercanda dengan tanya darimana asalnya? Atau buat surat tertulis saat menerimanya yang isinya bila suatu saat terjadi kesalahpahaman atau terjadi kesalahan alokasi anggaran yang tidak tepat, maka uang akan dikembalikan semuanya dan tak mau menanggung risiko.

  1. Guru, aku hidup di tempat yang padat penduduknya. Lantas apa yang harus saya lakukan?
-         Buanglah sampah pada tempatnya, buat agar selokan tak tersumbat, Hindari pergaulan yang menghalalkan minuman yang memabukkan, karena itu sumber pertengkaran. Perhatikan bila tetangga sakit, apakah penyakitnya akan menular atau tidak? Cegah dan hindari penularan, lalu segera bawa si sakit berobat ke Puskesmas. Bergaullah dengan tetangga, jangan menyendiri. Banyak bercandalah, agar tekanan kehidupan sedikit kendor.

$$$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar