Selasa, 28 Mei 2013

Ki Ageng Menjawab (2) Karir!




  1. Guru, bagaimana caranya supaya aku cepat naik pangkat di perusahaan?
-         Perusahaan adalah tempat dimana berkumpulnya para pribadi yang memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan dan kemajuan dalam berbisnis. Pribadi pribadi itu saling berinteraksi dan bersaing, baik karena konsekwensi jabatan atau linkungan. Didalamnya juga terdapat hirarki kekuasaan atasan dan bawahan. Untuk cepat naik pangkat dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara praktis dan cara ideologis. Cara praktis yaitu dengan berprestasi di bidangnya dan bersikap sebagai karyawan professional, hindari melakukan kesalahan kerja, bekerjalah dengan hati hati dan sesuai petunjuk pelaksanaanya. Sedangkan cara ideologis adalah mempengaruhi atasan dengan memberi perhatian padanya, baik itu perhatian pribadi dengan mengucapkan selamat ulangtahun, misalnya atau dengan menyebut nama Tuhan, nama atasanmu dan namamu berulang ulang kira kira 11 kali dikala kau selesai sembahyang atau setelah bangun tidur.     

  1. Guru, mengapa aku masih saja menjomblo?
-         Menjomblo artinya belum punya pacar atau pasangan. Perlu kau ketahui bahwa pergaulan manusia di dalam suatu lingkungan, baik di tempat kerja atau di dalam pergaulan masyarakat adalah ditentukan oleh getaran fisik dan bathin yang kau pancarkan, maka berhiaslah. Bila kau bersikap sopan dan gaul, maka akan banyak teman dan bila bersikap sombong atau tinggi hati, maka kau akan dihindari dalam pergaulan. Pakailah sesuatu yang banyak disukai orang, misalkan bau harum minyak wangi atau berpakain rapi. Bila hal ini sudah kau lakukan berarti dalam tata pergaulan sudah benar. Berusahalah dengan usaha spiritual yaitu dengan selalu berdo’a pada Tuhan, mohonlah dengan lirih dan pelan. Sebut nama Tuhan, mintalah agar diberi teman hidup atau jodoh.

  1. Guru, mengapa hidupku serasa kosong dan tak berarti?
-         Jangan hidup menyendiri dan banyak pikiran itu akan dapat menimbulkan penyakit batin dan itu tidak sehat, terjunlah dalam pergaulan. Ikuti berbagai macam komunitas dan organisasi. Perbanyak ilmu pengetahuan dengan banyak membaca atau kursus, turuti kata hatimu dan yakinkan bahwa hidup itu perjuangan untuk memperoleh pengakuan dalam lingkungan.

  1. Guru, bagaimana caranya melatih kesabaran?
-         Lakukan meditasi atau samadhi, dengarkan suara alam, buat pikiranmu bersih agar getaran dalam tubuhmu selalu dalam kontrol, tidak lepas kendali. Bila perlu, sedikitkan menu makanmu, makanlah jika lapar atau berpuasalah karena sesungguhnya puasa itu cara melatih kesabaran. Setialah menunggu, setelah segala upaya yang kau lakukan sudah maksimal. Yakinlah bahwa segalanya sudah ada yang mengatur.


  1. Guru, bagaimana caranya agar aku disegani dalam pergaulan?
-         Aturlah pancaran getaran gelombang dalam tubuhmu. Bicaralah seperlunya saja. Lepaskan humor atau komentar agar suasana pergaulan terasa menyenangkan dan tidak tegang. Lakukan inisiatip dengan memberikan usulan dalam menyelesaikan persoalan.

  1. Guru, mengapa pasanganku selingkuh?
-         Itu karena kesalahan sikapmu padanya. Coba kau evaluasi tindakan apaYang belum pernah kau berikan padanya. Tingkatkan perhatianmu. Sesungguhnya ikatan dalam batin 2 orang adalah saling menghargai dan selalu memperhatikan kebutuhan masing masing individu. Buanglah sikap sikap yang cenderung menjadi beban dalam pikirannya.
 
  1. Guru, bagaimana sikapku karena orangtuaku ternyata koruptor?
- Sadarilah bahwa mungkin saja kau juga penyebab korupsi itu, ia ingin membahagiakan dirimu dengan materi, tetapi sayang mengambil jalan yang keliru. Katakan pada temanmu bahwa bukan kamu yang korupsi tapi ayahmu selaku pribadi lain. Sebenarnya kau bisa turut ambil bagian dalam pencegahan terjadinya korupsi itu, yaitu dengan jalan tidak minta sesuatu diluar kemampuannya atau dengan sedikit bercanda: Wah, Papa dapat rejeki ya…kok beli mobil baru lagi, dari mana sih Pa duitnya? Dengan pertanyaan pertanyaan canda ini, maka diharapkan papamu mendapatkan masukan yang berharga, bahwa kau suka uang yang halal dan tak suka uang hasil korupsi. Ingat, walaupun ia koruptor, teapi ia tetaplah ayahmu, tetap sayangilah dia sebab banyak aspek yang mengikuti, mengapa seseorang korupsi, bukan hanya sekedar ingin kaya saja.  

  1. Guru, apa yang harus saya lakukan, anakku terjerat narkoba?
-         Narkoba adalah zat yang berbahaya dan dapat membuat seseorang ketagihan. Cegahlah jangan sampai harta bendamu gampang diketahui letaknya dirumah, sebab banyak kejadian seseorang yang kecanduan narkoba akan membeli barang itu dengan mencuri harta orangtuanya. Bujuk dengan lemah lembut agar ia mau tinggal di rumah rehabilitasi.Usahakan agar selalu dekat dengannya dan katakana padanya bahwa menjadi pecandu bukanlah jalan keluar. Ingat masa depannya masih panjang dan jangan sia-siakan dengan kenikmatan semu. Hal itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

  1. Guru, bagaimana caranya agar aku bisa melupakan mantan pacarku?
-         Pacar adalah kawan dekat karena tautan hati. Dalam proses berpacaran, masing masing pihak berusaha mencari dan menyesuaikan sifat pribadi sebelum mengarungi bahtera rumah tangga. Lebih baik sering cekcok dalam masa pacaran dari pada sering cekcok dalam rumahtangga. Bila kau mengalami putus pacar, itu artinya tak ada kesesuaian atau kesepatan yang bisa ditemukan dalam satu atau beberapa kasus. Syukuri bahwa kau telah putus, karena telah terhindar dari bencana rumah tangga yang lebih besar dimasa depan, yang bila terjadi pada masa berumahtangga, pasti ada yang dirugikan yaitu apabila telah memiliki anak. Bila saja nanti kau sambung kembali dengan pacarmu, itu berarti telah terjadi kesepakatan dan kesefahaman dalam banyak hal. Proses ini akan menghantarkanmu ke pelaminan kelak. Bila tak bisa tersambung kembali, lupakan saja. Anggap ia sebagai sahabat yang telah banyak memberimu pelajaran tentang hubungan antara pria dan wanita.

  1. Guru, bagaimana caranya mendidik anak supaya menjadi anak yang baik dan pintar?
-         Kau harus selalu memberikan perhatian padanya, bila saja ia belummenginjak usia dewasa. Perhatikan punya keasyikan apa ia di rumah. Bila suka nonton TV, arahkan ia bila apa yang ditonton tak sesuai dengan
usianya. Mendongenglah untuknya dengan dongeng yang mendidik kalau tidak  terkadang belikan ia buku cerita. Selalu tanyakan darimana kala ia pulang dari bermain dan bermain dengan siapa. Hal ini akan membuat ia merasa terikat dengan anda. Tanamkan padanya sikap ingin tahu agar ia suka membaca dan belajar. Ajak ia berdiskusi atau berkomunikasi untuk melatih ketrampilan berfikirnya dan kemahiran dalam mengeluarkan pendapat. Jangan kasari ia, karena nanti ia akan lari dan bengal.

11.
Guru, saya ingin menjadi artis atau selebritis, bagaiamana caranya ?

- Kau harus memiliki kemampun berkesenian, apapun itu. Menyanyi, melukis, menari, pengarang dan lain lain. Perlu usaha keras secara total dan jangan setengah setengah. Mulailah dari tingkat RT atau kampung. Sebarkan kebisaanmu pada berbagai macam acara, baik yang diselenggarakan oleh keluarga maupun umum. Pelajari artis artis tua, amabil pengalaman dan timba ilmu darinya. Dengan banyak melihat dan mendengar, maka akan bangkit ilmu baru dalam dirimu. Itu kembangkan, lalu jadikan ciri khasmu. tapi ingat menjadi arti yang bertahan di papan atas tidak gampang, sebab saingan saingan baru yang lebih segar akan bermunculan. Tetap jagalah hubungan baik dengan produser, event organizer dan para pengusaha/perusahaan, sebab. karena merekalah bintangmu akan terus bersinar. Ingat bila saatnya nanti kau sudah tak bersinar lagi atau sudah redup, kau harus membuka simpananmu untuk hidup tua dan siap ditinggalkan penggemar. Bila bintangmu redup, jangan mengambil jalan pengecut dengan melenakan diri dalam buaian kenikmatan semu obat terlarang/narkoba. Selamat berjuang.
..!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar