Jumat, 03 Mei 2013

Apakah Nafsu Itu?




Terdapat 8 nafsu manusia menurut ajaran Budhiroso. Nafsu nafsu ini akan menggerakkan seorang manusia dalam menjalani laku hidup di dunia. Ke-8 nafsu itu adalah :
                                                                                                       
   1. Nafsu Setan/Amarah :Tabiatnya suka merusak, pusatnya ada di hati
Bila hati sedang panas, duduklah. Besarkan rongga dada anda. Pompakan udara bersih ke jantung anda. Lalu sebut nama Tuhan, Eling! Niscaya akan reda amarahnya.
  1.  Nafsu  Birahi/Lobido :Tabiatnya suka bersetubuh, pusatnya di alat kelamin.Bila nafsu ini yang menggerakkanmu, berhati-hatilah, ia akan dapat menuntunmu ke lembah penderitaan. Berpuasalah, untuk mengendorkannya atau salurkan dengan benar.
  1. Nafsu Pribadi/Ego :Tabiatnya suka mengambil, pusatnya di tangan.Apakah kau selalu ingin berada di puncak? Bila ya, maka itu ego yang baik, tentu bila diiringin dengan sikap yang benar-fair-adil. Tidak ada salahnya menjadi yang terbaik, tapi tentu dengan jalan yang fair, bukan?.
  1. Nafsu Malaikat :Tabiatnya suka menolong, pusatnya di otakKreasi putih-mu yang kau hidangkan pada dan untuk kepentingan sesama itu anugerah Ilahi. Perbuatan bersih, tanpa noda selalu akan mendatangkan manfaat buata diri dan sesama.
  1. Nafsu Hewani/Binatang : Tabiatnya suka makan, pusatnya di perut: “Weteng panggon kuburan”, itu artinya “perut merupakan cikal bakal kematian”, artinya waspadalah apa yang kau makan atau masukkan melalui mulutmu. Semuanya akan diterima perut dan diproses dengan jalur yang sama. Makan banyak bisa menyesakkan, bukan? maka waspadailah jenis makanan-minuman-mu.
  1. Nafsu Kudus :Tabiatnya suka menyendiri, pusatnya di jantung. Kalau kau sedang suntuk, butuh kesendirian-penyepian. Kalau kau sedang berproses akan mencipta, maka kau butuh perenungan dan menghindari kebisingan. Kau tak ingin diganggu, agar deras aliran cipta-karsa bisa tertampung tanpa tumpah. Sesekali menyendirilah, evaluasi langkah hidup yeng telah kau tempuh, barangkali perlu pembenahan disana-sini..
  1. Nafsu Sosial: Tabiatnya suka berkumpul, pusatnya di mulut. “Opo wot ogal agil kuwi? Apa titian yang selalu bergerak itu? ia adalah lidah. Karena lidah kau banyak teman, dan karena lidah pula kau dijauhi dalam pergaulan. Hati-hati dengan lidah-mulutmu!
  1. Nafsu Langlang : Tabiatnya suka bepergian, pusatnya ada di kaki. Bisakah kau berdiam diri seharian dalam kamar? Bisa, kalau sedang mengurung diri karena tak ingin bertemu dengan pribadi lain. Setelah itu, kemana? Tentu kau akan melangkahkan kakimu, kemana kau suka. Ke punvak gunung tertinggi, ke tebing ter-ngeri, ke gedung tertinggi atau ke lembah lautan terdalam, ke padang terluas atau ke taman ter-indah. Semua ingin kau laku-taklukkan bukan, sebab diam itu artinya menjenuhkan, membosankan, maka bergeraklah!
$$$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar