Sabtu, 25 Juni 2011

Apa Itu Mati ?


Mati adalah situasi dimana roh manusia yang suci meninggalkan badan wadag atau jasad manusia karena jasad itu telah rusak atau tak berfungsi secara biologis.
Setelah mati roh manusia akan mengembara di alam roh.

Budhiroso percaya bahwa alam roh terbagi dalam sekat sekat spektrum, artinya ada alam roh putih, alam roh hitam dan lain lain. Alam roh putih akan dihuni oleh roh manusia yang dengan sukarela meninggalkan jasad kasarnya, ia rela dan berhasil melepaskan diri dari samsara.
Alam roh hitam akan dihuni oleh roh manusia yang belum rela meninggalkan badan kasarnya atau mati secara tak rela/wajar, seperti kecelakaan, dibunuh atau mati karena banyak pikiran/beban, misalnya banyak hutang atau masih ingin mendapatkan samsara.

Proses mati dapat dimisalkan sebagai berikut :
Ambil contoh sebotol kaleng cocacola, bila matinya wajar, maka "tutup" cocacola itu dibuka oleh molaikat Mikhail kemudian isinya atau ruhnya dihisap/diambil, bila matinya tak wajar, maka itu bisa dimisalkan sebotol kaleng cocacola yang terlindas ban mobil, maka isi cocacola atau ruhnya muncrat tak tentu arah atau gentayangan. Agar ruh itu bisa mendapat perlakukan wajar di pengadilan akhirat, maka harus diadakan ritual dengan kenduri dan doa doa. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar