Kamis, 28 Juli 2011

Siapakah Tokoh Wayang Kita?

SRI KRESNA
(Hiasan Dinding Aliran Kebathinan Budhiroso)


Alirann Kebatinan Budhiroso memilih tokoh Bima - Arjuna
dan Kumbakarna - Bisma,  sebagai tokoh utama.







Kumbakarna :
"Wahai Rahwana ketahuilah, kakak-ku! kalaulah aku maju perang, itu bukan berpihak kepadamu tapi rasa bela negaraku bangkit karena diserang musuh"

Bisma :
"Wahai Kurawa dan Pandawa, cucu-cucuku,  sudah takdirku gugur di medan laga, karena aku sebagai panglima perang (senopati) layak mendapatkan itu, maka jangan kau tangisi kepergianku dan jangan cabut anak panah yang menancap ditubuhku, kerna itu merupakan bantal ksatria-ku"

Bima :
"Wahai, Durna Guruku! dimanakah letak kemuliaanku? bila itu terletak di gung susuhing angin (sarang angin) atau "tempat pusat emosional manusia", maka aku akan mencarinya sampai ketemu!". Akhirnya Bima berhasil menemukan Dewa Ruci (nafsu putih) , yang bersemayam dalam dirinya, setelah mampu menaklukkan segala rintangan (nafsu hitam).

Arjuna :
" Wahai Karna, walaupun kita masing masing dilindungi oleh para Dewa, tetapi kau tak dapat menghindari takdirmu dengan panah Gondewa ini. Panah ini akan  menghantarkan sukmamu menemui Anakku Abimanyu, ya keponakanmu sendiri, yang telah gugur di tanganmu.   
$$$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar