Kamis, 01 Oktober 2020

Nyanyi Sunyi #Dirumahaja Karena Virus Korona (3)


Ikan hias

Pandanglah ikan hias diakuarium anda. Coba perhatikan, betapa warna dan jenisnya amat beragam. Sungguh mengagumkan ciptaan tuhan yang satu ini, disamping burung tentunya, dan juga aneka warna bunga. Wah, banyak sekali ciptaan Tuhan yang mengagumkan kita. Padahal, Tuhan tidak menciptakan semua itu satu persatu. Betapa lamanya. Tuhan hanya berkata Kun Fayakun, jadilah! Maka mereka sudah dikaruniai “kecerdasan” untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Semuanya untuk menemani kesendirian kita saat menjalani  hukuman di planet bumi.

Semut

Semut adalah mahluk Tuhan yang paling kuat dimuka bumi. Bayangkan dengan tubuhnya yang nampak kerempeng, tapi mampu memikul beban seberat 52 kali berat badannya. Bandingkan dengan  manusia yang hanya mampu memikul  maksimal 5 kali berat badannya. Pelajaran apa yang dapat dipetik dari mahluk Tuhan ini? Tak lain adalah sifatnya yang suka  hidup bergotong royong dan selalu menyimpan persediaan makanannya. Itu terbukti saat semut menemukan makanan, yang akhirnya dibawa ramai ramai keliangnya.  Sedia payung sebelum hujan.

Katak

Apa persamaan katak dengan pocong? Jawabnya adalah sama sama berjalan dengan melompat. Katak adalah binatang ampibi (hidup didua alam), sedang pocong adalah arwah gentayangan yang keberadaannya tak diterima oleh alam kubur. Salah satu kelemahan katak adalah ia gampang lengah, sehingga ajalnya sering datang dari ular yang merayap perlahan, dan hap, si katak-pun berada dimulut ular. Padahal bila diadu kecepatan berjalan, maka ular akan ketinggalan jauh, alias katak lebih cepat bergerak daripada ular. Jadi berhati hati dengan kelengahan, sebab sering bisa mencelakakan diri. Kelengahan di jalan raya, bisa menyebabkab kecelakaan. Kelengahan di kendaraan umum, bisa menyebabkan kecopetan. Jaga diri anda jangan sampai anda mudah lengah.

Biawak

Binatang ini memiliki tubuh bersisik dan pandai berenang. Biawak termasuk bintang carnivore, pemakan daging. Di area pesawahan, biawak yang tak menemukan mangsa buruan, akan makan kepiting sawah atau yuyu. Yang menarik adalah sistim pencernakannya. Biawak akan mengisap daging si yuyu, sedangkan cangkangnya yang keras akan ditolak oleh usus perutnya alias akan dimuntahkan. Biawak memiliki cakar yang kuat. Dengan cakarnya yang digunakan untuk mengais-kais tanah dengan perlahan tapi pasti, alhasil  ia bisa meruntuhkan dasar bangunan jembatan. Pelajarannya adalah jangan terburu menanggapi berita/informasi yang penting, tetapi perlu dicari dulu kebenarannya. Jangan asal menelan informasi sesat, tapi teliti dulu kebenarannya. Uletlah dalam bekerja, niscaya akan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Laba laba

Darimana laba laba makan? Tentu bukan dari pemberian orang, tetapi dari usaha sendiri. Laba laba berusaha mencari makanan dengan cara membuat jerat. Dengan kesabaran dan ketenangan luar biasa, laba laba akan menunggu hingga jaring yang dipasangnya mampu menangkap serangga, biasanya nyamuk atau lalat. Pelajarannya adalah bila anda ingin berwiraswasta, maka curahkan seluruh kemampuan anda untuk berusaha mandiri, focus, telaten dan sabar. Bila apa yang anda usahakan sudah benar dan sungguh sungguh, maka tinggal menunggu hasilnya sambil berdoa’a.

Ular 

Binatang ini tak memiliki kaki, tapi bisa berlari cepat. Dengan indra perasa yang ada dilidahnya yang bercabang, ular tak kesulitan mendapatkan mangsa. Ular bisa bertahan hidup di gurun pasir yang panas maupun diwilayah perairan. Yang unik adalah binatang ini mampu bertahan 1 bulan tak makan, setelah berhasil menelan mangsanya. Ular dilukiskan  sebagai pribadi penipu oleh karena lidahnya bercabang. Saat menjadi jelmaan iblis, ular berhasil  menipu   Adam dan  Hawa saat berada disorga. Saat itu ular yang jelmaan iblis itu menghasut bahwa dengan makan buah kuldi (buah larangan), maka Adam dan Hawa akan kekal berada disorga. Ternyata apa? Setelah makan buah itu, maka Adam dan Hawa diusir dari sorga. Jadi jangan menjadi pribadi yang suka menipu dalam kehidupan.

Kecoa

Kecoa adalah serangga yang senang hinggap di tempat tempat kotor dan berantakan, tetapi anehnya serangga ini tak pernah sakit. Ia memiliki kekebalan terhadap penyakit. Oleh karena itu mari kita tiru kekebalan serangga ini. Dengan apa kita akan tetap sehat, tak lupa minumlah multivitamin secara berkala.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar