Sabtu, 09 Juli 2011

Apa Itu Setan & Iblis?



Setan adalah...

Selama kita hidup di dunia, maka tak bisa lepas dari perbuatan baik dan buruk. Perbuatan baik akan berguna bagi sesama, sementara itu perbutan buruk akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Kita, manusia telah ditunjuk oleh Allah Sang Pecipta untuk menjadi wakilNya di dunia. Semua laku perbuatan manusia, oleh karena itu perlu dipertanggung-jawabkan dihadapan Allah, nantinya.  Jangan tergoda bujukan setan atau bujukan untuk bertindak buruk selama hidup didunia. Perilaku setan adalah perilaku yang merusak dan menyusahkan orang lain.

Iblis adalah ...
malaikat yang membangkang perintah Allah. Perintah itu adalah sujud pada Adam, manusia pertama. Iblis menolak sujud pada Adam karena menganggap bahwa Ia yang terbuat dari api lebih mulia dibandingkan Adam yang terbuat dari tanah. Oleh karena itu, maka Iblis terusir dari sorga dan berjanji pada Allah akan menggoda anak anak Adam beserta keturunannya selama hidup didunia sampai hari kiamat.

Memang benar, kita hidup tidak meminta. Kita bisa berada di dunia ini oleh karena hasil kasih sayang seorang lelaki pada wanita, baik itu karena suka rela atau keterpaksaan. Ya, kita hadir didunia ini dalam keadaan suci. Masih belum berbuat dosa, bila perbuatan itu kita lakukan pada masa anak anak. Bila sudah akil balik atau dewasa, maka sepenuhnya hasil perbuatan kita itu harus dipertanggung-jawabkan. Sebagai mahluk sosial, sewajarnya bila kita didambakan untuk menghasilkan karya karya yang berguna bagi kepentingan masyarakat banyak. Tanggung jawab sosial diperlukan, bila kita terjun gaul dengan masyarakat. Dengan tanggung jawab sosial kita bisa berperan aktif memberdayakan individu, kelompok atau komunitas.

$$$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar