Kamis, 16 Oktober 2014

Apa itu Tribhinaya?



Tribhinaya adalah 3 sifat alam kehidupan dunia , yang meliputi yaitu :

1. Sifat siklus kehidupan : bahwa tejadi proses berulang pada kehidupan normal mahluk tumbuhan,, binatang.dan manusia untuk lahir-hidup-mati. Sebagai contoh : Katak-telur-kecebong-percil/anak katak-katak, kupu kupu-telur-ulat-kepompong-kupu kupu.

2. Sifat Sebab akibat bahwa secara normal akibat timbulnya benda karena didahului oleh sebab benda lain. Contoh : adanya hujan didahului dengan adanya mendung, didahului adanya awan yang menggumpal, didahului adanya asap, didahului adanya panas yang membakar/api. Jadi secara normal api yang membakar dan menimbulkan asap akan mengakibatkan hujan sebagai hasil akhir.

3. Sifat Keseimbangan Alam : bahwa hidup saling ketergantungan di alam menyebabkan satu mahluk hidup kelangsungan hidupnya tergantung eksistensi mahluk yang lain. Contoh : Populasi kijang akan meningkat bila banyak tersedia makanan/rumput melimpah, maka populasi pemangsa (macan. singa, srigala dll) akan meningkat pula agar tidak terjadi ledakan populasi kijang. Sehingga populasi rumput-kijang-macan akan seimbang dalam satu kawasan dengan sendirinya. Alam sudah mengetahui jalan terbaiknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar